Sabtu, 30 Juni 2018

Tentang Primbon Jawa, Apakah Anda Percaya?

 Primbon Jawa, Percayakah Anda?. Baiklah kita akan mulai dari akarnya dulu. Kepercayaan atau Iman, jika bicara mengenai iman pastillah kita harus beriman kepada tuhan kita, Allah SWT, "Laa Illaha Illallah Muhammadurrosulullah", semua agama hanya memiliki 1 tuhan yakni Allah SWT.
Nah lalu bagaimana jika beberapa kalangan masyarakat memakai primbon sebagai panduan atau petunjuk lain dalam hidup mereka selain Al-Quran?. Itu yang akan kita bahas secara lebih rimci disini.

Dalam islam jika kita percaya kepada selain Al-Quran dan hadist maka kita dinamakn "Musyrik" (tolong ralat jika saya salah dalam mengartikan). Namun bagaimana jika kalangan masyarakat terutama di pulau jawa menggunakan buku yang dinamakan Primbon Jawa?. Musyrikkah? Belum Tentu. Kenapa?

Menggunakan atau mempercayai buku seperti Primbon Jawa bukanlah seperti kita percaya kepada adanya Allah, Malaikat, Nabi, Al-Quran dan Hadis. Primbon bukanlah suatu kepercayaan melainkan hanya sebagai buku panduan biasa saja yang digunakan dalam kehidupan masyarakat di Jawa. Dalam kasusnya adalah seperti berikut :
  • Dalam Al-Quran disebutkan tentang shalat maka dalam buku lain (misalnya : Buku Tuntunan Shalat Lengkap) dijelaskan secara lebih rinci lagi menganai apa itu shalat, niat sholat, bagaimana cara mengerjakan sholat dan lain sebagainya.
Kasus diatas sama halnya dengan :
  • Dalam Al-Quran disebutkan bab mengenai "Rezeki", maka di dalam Primbon Jawa diberikan informasi tambahan sebagai perimcian rezeki misalnya : Tempat arah mencari rezeki bagi orang yang lahir di hari tertentu, 
Jadi intinya Primbon disini hanya sebagai buku yang membantu memperjelas apa yang sudah ada dalam kitab Al-Quran saja. Beda jauh dengan hadis yang isinya lengkap, Primbon Jawa ini hanya memberikan informasi yang sedikit saja, terbatas pada bab seperti : perjodohan, perwatakan, rezeki dan firasat saja.

Semua memang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT, namun berusaha adalah jalan untuk merubah takdir kita sendiri. Sekian sedikit artikel mengenai "Primbon Jawa, Percayakah Anda?". Semoga bisa bermanfaat. Jika saya ada salah dalam mengartikan saya mohon maaf.




Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon